banner 728x250

Kebakaran Melanda Rumah Kios di Karubaga Akibat Kesalahan Penyalinan Bensin, Kerugian Capai Rp 500 Juta

banner 728x250

Karubaga – Kecelakaan tragis terjadi di Jalan Kota Baru, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua Pegunungan, ketika dua unit rumah kios menjadi sasaran amukan api pada hari Minggu (07/04). Kebakaran yang menghanguskan bangunan tersebut disebabkan oleh kesalahan dalam proses penyalinan bensin dari satu drum ke drum lain di dalam rumah kios.

Menurut Kapolres Tolikara, Kompol Irianto John.,S.Sos.M.H, kebakaran tersebut bermula sekitar pukul 14.06 WIT, ketika seorang saksi, Aldi (25), yang bekerja sebagai supir dari kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, memuat bensin sebanyak dua drum milik Doni Pabesa (45). Aldi kemudian memindahkan bensin dari drum ke drum yang ada di dalam rumah kios tersebut. Namun, dalam kejadian naas ini, rumah korban, Pak Doni, sedang dijaga oleh anaknya yang bernama Pingki (12), yang tengah menggunakan kompor untuk memasak nasi. Akibatnya, terjadi ledakan api yang cepat merambat dan menghanguskan rumah korban kedua, milik Bapak Yohanis Paliling (50).

Warga sekitar segera memberikan pertolongan dengan alat seadanya untuk memadamkan api yang membesar dengan cepat. Gabungan personel Polres Tolikara dan masyarakat setempat berhasil mengendalikan kebakaran sekitar pukul 15.30 WIT. Namun, kerugian materil akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

“Kami tidak menemukan korban jiwa dalam insiden ini, namun, kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan bahan bakar dan proses penyalinannya, serta selalu waspada terhadap risiko kebakaran,” ujar Kapolres Tolikara.

Kapolres menambahkan Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kebakaran ini, sementara itu, Polres Tolikara telah membentuk tim cyber untuk mengidentifikasi penyebar informasi palsu yang beredar di media sosial terkait kejadian ini.

“Kami berharap agar kejadian tragis ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas dan menjaga keselamatan diri serta lingkungan sekitar,”tutup Kapolres.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250