banner 728x250

Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kapolres Mimika: Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Hidup Sehari-hari

banner 728x250

Mimika. Polres Mimika menggelar upacara memperingati hari kelahiran Pancasila bersama instansi terkait dipimpin Kapolres Mimika AKBP I Gededi Putra, SH.SIK bertemlat di Mako Polres Mimika, Kamis(1/6/2023).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema “Gotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

“Jadi Pancasila dan nilai-nilai terkandung merupakan falsafah dasar pandangan hidup bangsa, idiologi, pemersatu dan segala sumber hukum negara dan telah tertanan di dalam diri kita masing-masing,” kata Kapolres Mimika.

Lanjut, Pancasila juga diartikan sebagai bintang penuntun mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Jadi pencasila ini hadir dan dimalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Ia menyampaikan Pancasila bukan wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia agar kita dapat membangun negara ini lebih baik,” katanya.

Menurutnya, hari lahir Pancasila setiap 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat Indonesia sebagai dasar negara dan tujuan hidup.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari,” ucapnya.

Dituturkannya, nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang.

“Saya harap semua personel Polres Mimika mengartikan Pancasila didalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan Polri dan masyarakat Kabupaten Mimika,” harapnya.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250