banner 728x250

Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres Biak Gelar Upacara

banner 728x250

Biak – Bertempat di lapangan apel Taruna Bhayangkara, Kepolisian Resor Biak Numfor melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kamis (1/6/2023).

Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Damianus Dedy Susanto, SH., S.I.K., MH., Turut hadir para PJU dan perwira Polres Biak, serta dikuti seluruh anggota Polres Biak.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”

Dalam amanatnya, Kapolres Biak membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bahwa Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar kita lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.,”Kata Kapolres.

Ia mengingatkan, kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman, dan takdir Tuhan untuk menjadikan manusia dalam keberagaman.

“Dari sabang sampai merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman,” ujarnya.

Menurut AKBP Damianus Dedy Susanto, SH., S.I.K., MH., berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia.

“Itulah Bhinneka Tunggal Ika kita, Indonesia. Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita selalu mengalami tantangan, Kebhinekaan kita selalu diuji,” jelasnya.

Ia juga mengajak peran aktif para ulama, para ustaz, para pendeta, para pastor, para biksu, para pedanda, para pendidik, para budayawan dan pelaku seni, para pelaku media, dan jajaran pemerintahan, TNI dan POLRI, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

“Mari kita jaga perdamaian, kita jaga persatuan, dan kita jaga persaudaraan, mari kita bersikap santun dan saling menghormati, mari kita saling toleran dan saling bahu membahu, mari kita bergotong royong demi kemajuan Indonesia,” ajaknya.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250