PELUNCURAN TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN SARMI TAHUN 2024, DIJAGA OLEH POLISI

Bertempat di Lapangan Parkir Pasar Sentral Mararena, Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi, telah berlangsung kegiatan peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi Tahun 2024 pada Kamis, 13 Juni 2024.

Kegiatan peluncuran ini dihadiri oleh Pj. Bupati Kabupaten Sarmi Markus O. Masnembra, M.M.; Kasubag Tekhnis KPU Provinsi Papua Hidayat Pasolo; Ketua KPU Kabupaten Sarmi Yohanis Yenggu; Kapolres Sarmi AKBP Timur Santoso, S.I.K., M.A.P.; Dandim 1712 Sarmi yang diwakili oleh Danramil Sarmi KAPTEN INF. Ratno; Komandan Lanal Sarmi MAYOR Laut Michael Ansanay; Ketua Bawaslu Kabupaten Sarmi yang diwakili oleh Komisioner Bawaslu Erik Twenty; Komisioner KPU Kabupaten Sarmi; Komisioner Bawaslu Kabupaten Sarmi; Ketua MUI Kabupaten Sarmi Ahmad Mainatu; pimpinan BUMN yang ada di Kabupaten Sarmi; ketua partai politik Kabupaten Sarmi; tokoh masyarakat; tokoh adat; tokoh perempuan; tokoh pemuda Kabupaten Sarmi; serta sekitar 2.000 masyarakat Kabupaten Sarmi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Sarmi, Bapak Yohanis Yenggu, dalam sambutannya menyampaikan, “Yang saya hormati dan banggakan serta saya cintai masyarakat Kabupaten Sarmi yang saat ini bersama-sama dalam kegiatan peluncuran Pilkada tahun 2024 sesuai dengan peraturan presiden gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024. Pada bulan Agustus, kami akan melaksanakan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati, dan pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Saya harap kita dapat menjaga keamanan dengan hati nurani sehingga pemimpin yang terpilih nanti adalah pemimpin yang bijak yang dapat memimpin pembangunan Kabupaten Sarmi.”

Ketua KPU Provinsi Papua yang diwakili oleh Kasubag Tekhnis KPU Provinsi Papua, Bapak Hidayat Pasolo, menyampaikan, “Bapak Ibu undangan yang kami hormati, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kita baru saja melaksanakan momen demokrasi yang bersejarah yaitu pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 pada tanggal 14 Februari 2024 di mana kita memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten/Kota di wilayah negara kesatuan ini. Ini merupakan tonggak sejarah bagi kita bangsa Indonesia yang telah melaksanakan masa depan bangsa kita. Kita juga patut bersyukur bahwa penyelenggaraan pemilihan presiden termasuk pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD secara serentak pada tahun 2024 ini berjalan dengan aman, damai, dan sukses.”

Kasubag Tekhnis KPU Provinsi Papua, Bapak Hidayat Pasolo, juga menambahkan, “Indikator sukses tersebut dapat dilihat dari tidak adanya gangguan keamanan selama penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 serta meningkatnya tingkat partisipasi yang menyentuh angka 90,6% dalam pemilihan presiden, DPD, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten/Kota. Angka tersebut melampaui target yang ada. Di tengah kesibukan penyelenggaraan Pemilu 2024, penyelenggara pemilihan sudah dihadapkan kembali dengan tahapan pemilihan kepala daerah sesuai dengan KPU Nomor 2 tahun 2018 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024.”

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Kabupaten Sarmi, Markus O. Masnembra, S.H., M.M., juga menyampaikan, “Yang kami hormati saudara ketua dan para komisioner, ketua Bawaslu, serta seluruh pejabat yang hadir, Pak Kapolres Danlanal, dan para hamba-hamba Tuhan yang telah membawa kita dalam doa. Kami juga menghargai seluruh pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, dan masyarakat Kabupaten Sarmi. Sebagai umat yang mempercayai Tuhan, kita harus bersyukur karena Tuhan telah memberikan kita kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab kita. Masyarakat saat ini harus bertanggung jawab dan menjadi pemilih cerdas. Mari kita buktikan bahwa Kabupaten Sarmi dapat melaksanakan Pemilu dengan aman dan tertib. Terima kasih, Tuhan memberkati kita semua.”

Pada pukul 19.36 WIT, dilakukan penyerahan plakat peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Sarmi kepada Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Sarmi, yang ditandai dengan pemukulan Tifa secara resmi.

Acara dilanjutkan dengan hiburan rakyat yang dimeriahkan oleh artis nasional dan daerah Provinsi Papua pada pukul 20.00 WIT.

Selama pelaksanaan kegiatan, pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup oleh personel Polres Sarmi yang dipimpin langsung oleh Kabag OPS Polres Sarmi AKP Handry M. Bawiling, S.Sos., M.M. Rangkaian peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi Tahun 2024 selesai dengan aman dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
667
Exit mobile version